Posted by : Zilian Zahra Senin, 14 Februari 2011

Hmmm... Hmmm... Hmmm...
Bulan Februari ada yang heboh bagi anak muda jaman sekarang, hlo kok bisa? ya! katanya sech... bagi anak muda atau istilah getolnya remaja pada kenal ama yang namanye valentine day... yang katanya diperingati saben tanggal 14 Februari. duh duh duh... Valentine sudah menjamur di kalangan anak remaja, bagi umat Islam mungkin yang belum tau sejarahnya pasti akan memperingatinya.

Gaya ikut-ikutan juga kerap kali ditemui pada anak SMP/SMA. Mereka berlomba janjian dengan teman-teman sepermainanya untuk membeli sesuatu buat yang disayangi. gak perduli itu dibeli dengan harga berapapun. yang pasti mereka kudu ngerayain yang namanye palentine. Huft... kasihan mereka yah... padahal palentine tu peringatan meninggalnya Paulus Valentine yang dipuja-puja rakyatnya pada jamannya. Pastinya bukan orang Islam kan???

Pada tahun ini kebetulan sekali Umat Islam juga memperingati Hari Lahir Nabi Muhammad Saw yang tepatnya jatuh pada tanggal 15 Februari 2011/12 Rabiul Awal 1432 H, pilih perayaan mana? pastinya aku sendiri dari dulu gak pernah mau ikut-ikutan ngerayain valentine, walau jaman sekolah sekelas hanya bisa ngiwis sendiri karena pada ngerayain tapi aku bangga karena aku bisa jadi diri sendiri.

Jadi ingat lagu yang semoga anak jaman sekarang juga kenal ya..
Nabi Muhammad lahire ono ing Mekkah
dino Senin tanggal rolas Robiul Awal...

Ya! Dzikro maulidirrosul yang pastinya masing-masing daerah punya budaya untuk menyambutnya. Seperti dari tanggal 1 Robi'ul Awwal ada acara marhabanan, berzanjinan, atau bahkan Khotmil Quran atau acara lain yang terkait hingga jatuh tanggal 12 Robi'ul Awwal mereka merayakannya dengan pengajian atau lomba-lomba Islam. Khitan Masal, festival marawis, festival drum band, dan maulid rebana juga kadang digunakan untuk memperingati lahirnya baginda Nabi kita Muhammad Saw.

Yang pasti, bagi umat Islam kudu memperingati hari lahir Nabi kita daripada valentine yang bukan budaya umat Islam ya? Salam Ukhuwah.

- Copyright © Catatan Zilian Zahra -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -